Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Hardware

Pengertian Hardware


Hardware atau perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang memiliki sifat bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan sebelumnya atau biasa disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware dapat melakukan berbagai kegiatan yang ditentukan oleh pemberi perintah.
Dalam komputer, hardware dan software diperlukan agar komputer dapat beroperasi. Setiap komputer memiliki spesifikasi hardware komputer yang berbeda, tetapi ada beberapa komponen yang umumnya harus dimiliki oleh sebuah unit komputer sebagai syarat minimal.

Pembagian Hardware Menurut Jenisnya :

Secara umum hardware dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

      1. Input Device

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukkan yang umumnya digunakan komputer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
2. Processing Unit

Processing Unit atau Unit pemrosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem komputer, bisa dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan.
Terdapat 4 komponen utama penyusun CPU yaitu :
      •  Arithmetic and Logical Unit (ALU)
      •  Control Unit
      •  Registers, dan
      •  CPU Interconnections
       Berikut adalah pengertian dari 4 komponen utama penyusun CPU :
  •        Arithmetic and Logical Unit
Arithmetic and Logical Unit (ALU) atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Unit Logika dan Aritmatika. Bagian ini mempunyai tugas utama membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin. ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu :
    • Arithmetic Unit (Unit Aritmatika) : Bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan
    • Boolean Logic Unit (Unit Logika Boolean) : Bertugas untuk menangani berbagai operasi logika. 
  •       Control Unit
Control Unit atau Unit Kendali mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga bertugas untuk mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan tugas masing-masing. Selain itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
  •       Registers
Registers dalam bahasa indonesia diterjemahkan menjadi register-register atau banyak register merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan pada saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer dalam keadaan menyala, dan ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam registers, dan ketika komputer dalam keadaan mati maka semua data yang berada di dalam registers akan hilang.
  •       CPU Interconnections
CPU Interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU dengan bus-bus eksternal CPU. Komponen internal CPU diantaranya :
      •       Arithmetic and Logical Unit (ALU)
      •       Control Unit
      •       Registers, dan
      •       CPU Interconnection
Sedangkan komponen eksternal CPU diantaranya :
      • Sistem Memori Utama
      • Sistem Masukkan/Keluaran (Input/Output), dan
      • Sistem – Sistem Lainnya.

3. Input Device

Output Device merupakan perangkat keras komputer output untuk melihat hasil dari input dan pemrosesan data. Contoh Output Device diantaranya ialah Layar Monitor PC, LCD, dan Printer.

Fungsi Hardware Komputer :

Secara garis besar macam-macam hardware komputer dibedakan dalam 3 kategori atau komponen seperti yang telah dijelaskan diatas. Hardware komputer diperlukan untuk mendukung kinerja komputer. Sebagai contoh macam-macam hardware komputer beserta fungsinya akan dijelaskan dibawah ini :
  • CPU
CPU atau processor dikenal sebagai otak dari sebuah komputer, bertugas untuk melakukan proses dan mengelola informasi.
  • Motherboard
Motherboard atau biasa juga disebut Mainboard merupakan papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses ke masing-masing perangkat.
  • Internal BUS
Internal bus berfungsi menghubungkan motherboard kedalam video card dan sound card.
  • PCI BUS
PCI BUS berfungsi untuk menghubungkan hardware komputer
  • Northbridge dan Southbridge
Northbridge dan Soutbridge adalah bentuk inti logika chipset yang mengendalikan pertukaran informasi antara hard disk dan komputer. Northbridge menghubungkan southbridge ke komputer, dan keduanya menentukan seberapa cepat sistem dapat mengakses memori. Bus eksternal dikendalikan oleh southbridge atau PCI BUS.
  • RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) berfungsi menyimpan dan memproses informasi ketika komputer diperintahkan untuk bekerja. RAM hanya menyimpan informasi sementara dan semua informasi akan hilang ketika komputer dimatikan. Jenis-jenis RAM adalah SRAM dan DRAM.
  • Hard Disk Drive
Hard Disk Drive terdiri dari kepingan piring dengan permukaan magnetik yang berfungsi menyimpan informasi yang sedang tidak diproses. Hard disk bersifat non-volateli, artinya dapat menyimpan informasi secara permanen dan informasi tidak hilang pada saat kegagalan daya. Jenis-jenis Hard disk yaitu IDE dan SATA
  • Soundcard
Soundcard berfungsi untuk memainkan file yang memuat audio dan akan menghasilkan suara untuk speaker atau headphone, dan dapat menerima input audio dari perangkat keras seperti micrphone.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...