Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Motherboard

Pengertian Motherboard

contoh motherboard


Motherboard adalah bagian perangkat keras komputer dalam wujud berupa papan. Dimana perangkat keras motherboard ini adalah perangkat keras yang paling utama dan sangat penting kegunaannya, karena berisikan sistem BIOS (Basic Input Output System), pengatur koneksi input-output(chipset), soket memori (RAM), soket kartu grafis (VGA card), soket prosessor, dan soket kartu tambahan (additional cars seprti PCI, ISA).

Fungsi Motherboard

Secara umum fungsi dari motherboard ialah sebagai pusat dari semua perangkat keras yang berada dalam komputer, agar semua perangkat keras komputer dapat berhubungan antara komponen satu dengan komponen yang lain. Sebagai contoh prosessor, memori (RAM), hard disk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan menggunakan motherboard. Beberapa merek motherboard yang terkenal diantaranya ialah Gigabyte, Asus, Albatron, Abit, Aopen, ECS, Biostar, Pchips, dan Jetway dengan harga yang bervariasi tergantung dari merk dan spesifikasinya.

Komponen Motherboard

Motherboard memiliki beberapa komponen. Adapun komponen-komponen motherboard antara lain :
  • Slot Processor
Fungsinya untuk menancapkan / meletakkan processor pada komputer, bentuknya persegi dengna ukura nsesuai dengna processornya

  • Slot memori (RAM)
Berfungsi untuk menghubungkan memori ke motherboard, bentuknya panjang dan memiliki pengunci pada sisikanan dan kirinya yang berfungsi untuk mengunci memori yang terpasang pada motherboard.

  • Slot PCI Express X16
Berfungsi untuk menancapkan kartu VGA

  • Slot Express Xx1
Berfungsi untuk menancapkan kartu ekspansi seperti LAN Card dis.

  • Slot PCI
Berfungsi untuk menancapkan kartu ekspansi, sama seperti slot PCI Express x1 namun memiliki kecepatan akses dibawah slot PCI Express X1.

  • Slot AGP
Memiliki fungsi sama seperti slot PCI Express x16, slot ini digunakan bagi motherboard yang belum memiliki slot PCI Express x16.

  • Chipset Southbridge
Berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja pada prosessor dengan komponen sekunder seperti Driver, IDE Harddsik, DMA, dan lain-lain

  • Chipset Northbridge
Berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data antara prosessor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard. Komponen ini berbentuk persegi yang menempel pada motherboard.

  • Chipset BIOS
Chipset yang berfungsi untuk menyimpan program bios dan konfigurasinya.

  • Baterai CMOS
Merupakan baterai khusus yang fungsinya memberikan daya kepada chipset bios uspaya konfigurasi dari bios tidak kembali lagi ke pengaturan semula ketika komputer dimatikan.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...