Thursday, October 6, 2016

Pengertian dan Fungsi Kernel

Pengertian Kernel


Kernel merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang membuat komunikasi atau mediator antara software komputer dan hardware komputer, yang menyediakan pelayanan sistem seperti pengaturan memori untuk proses-proses yang sedang berjalan, pengaturan file, pengaturan input-output dan masih banyak lagi fungsi tambahan lainnya. Jadi pada intinya kernel merupakan suatu penghubung antara software dan hardware.

Fungsi Kernel 
Berikut adalah beberapa fungsi dari kernel :
  • Berfungsi melayani bermacam-macam program software untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman.
  • Karena akses terhadap perangkat keras (hardware) terbatas, sedangkan terdapat lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga mempunyai tugas untuk mengatur kapan, serta berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal ini disebut dengan multiplexing.
  • Membantu mengeksekusi sebuah aplikasi dan mendukungnya dengan fitur abstraksi perangkat keras (hardware).

Beberapa Desain Kernel :

Para arsitek sistem operasi mengembangkan kernel sistem operasi yang pada akhirnya terbagi menjadi empat bagian yaitu :
  • Kernel Monolitik
Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras (hardware) secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.
  • Mikrokernel
Mikrokernel menyediakan sedikit saja dari abstraksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya yang disebut dengan server untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya.
  • Kernel Hibrida
Kernel hibrida adalah pendekatan desain mikrokernel yang dimodifikasi. Pada hybrid kernel, terdapat beberapa tambahan kode di dalam ruangan kernel untuk meningkatkan performanya.
  • Exokernel
Exokernel menyediakan hardware abstraction secara minimal, sehingga program dapat mengakses hardware secara langsung. Dalam pendekatan desain exokernel, library ayng dimiliki oleh sistem operasi dapat melakukan abstraksi yang mirip dengan abstraksi yang dilakukan dalam desain monolithic kernel.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...