Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Sejarah, dan Perkembangan Mac OS

Pengertian Mac OS


Mac OS merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh perusahan Apple khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.

Sejarah dan Perkembangan Mac OS

Perusahan Apple didirikan pada tanggal 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insinyur Atari yang bernama Ronald Wayne. Sebelum membantu mendirikan perusahaan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker. Pada tahun 1975 dia bekerja di Hawlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendesain video game untuk Atari. Pada saat itu Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer, sebuah perusahaan time sharing.

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter “X” adalah angka Romawi yang berarti sepuluh, dimana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelummnya seperti Mac OS 8, Mac OS 9.

Saat peluncuran pertama Mac OS X, 2001 – 2006, Mac OS X hanya dapat dijalankan menggunakan komputer Mac berbasis prosesor PowerPC. Mulai 2006 Mac OS X (Tiger dan Leopard) dapat dijalankan menggunakan basis prosesor Intel dan PowerPC. Kemudian Apple meluncurkan Snow Leopard yang merupakan versi pertama Mac OS X yang hanya dapat dijalankan di prosesor Intel Macs. Semenjak dikeluarkannya Mac OS X 10.7 “Lion”, OS X menghapus dukungan terhadap prosesor Intel 32-bit, sampai versi terbarunya sekarang, Mac OS X hanya dapat dijalankan pada prosesor Intel 64-bit.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...