Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Komponen, dan Fungsi dari CPU

Pengertian CPU

CPU (Central Processing Unit) merupakan perangkat keras dari komputer yang memiliki fungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak komputer. 

CPU merupakan otak dari komputer, maka, tanpa adanya CPU sebuah komputer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. CPU juga memiliki fungsi untuk menjalankan program yang telah disimpan dalam memori utama, dengan cara mengambil intrusksi kemudian menguji instruksi dan mengeksekusinya sesuai dengan alur perintah.

Komponen CPU

Berikut adalah beberapa komponen yang secara umum berada didalam sebuah CPU :

1.   Unit Control

Unit Control adalah komponen yang mengatur jalannya program dalam sebuah komputer. Unit control merupakan komponen penting yang ada dalam CPU. Unit kontrol bertugas untuk mensinkronisasikan antar komponen dalam CPU, sehingga CPU dapat menjalankan fungsi operasinya dengan baik. Selain itu, unit control juga bertanggung jawab untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama serta menentukan jenis dari instruksi tersebut. Secara umum unit kontrol bertugas untuk mengendalikan atau mengatur input dan output, mengambil data dari memori utama dan menyimpannya didalam memori utama.

2.   Register

Register merupakan komponen yang digunakan untuk menyimpan perintah, atau data yang sedang diproses. Penyimpanan ini hanya bersifat sementara karena biasanya register hanya digunakan untuk menyimpan data ketika diolah.

3.   ALU

ALU merupakan komponen yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika atau operasi logika. ALU sering disebut juga dengan mesin bahasa. Selain itu ALU juga bertugas untuk melakukan keputusan sesuai dengan instruksi program yang berhubungan dengan operasi logika.

4.   CPU Interconnections

CPU Interconnections adalah komponen yang menghubungkan berbagai komponen internal CPU seperti ALU, unit control dan register dengan bus eksternal CPU dan juga berfungsi untuk menghubungkan dengan sistem lainnya.

Fungsi CPU

Secara umum, fungsi dari CPU ialah sebagai berikut :
  1. CPU akan mengatur dan mengendalikan alat-alat input (masukkan) dan output (keluaran)
  2. CPU mampu mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
  3. CPU akan mengambil data dari memori utama untuk di proses
  4. CPU akan mengirimkan instruksi ke ALU juka ada perhitungan aritmatika
  5. CPU akan mengawasi proses kerja dari ALU
  6. CPU akan menyimpan hasil proses ke memori utama.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...