Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Soundcard Komputer

Pengertian Soundcard Komputer

Soundcard merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Soundcard atau dalam bahasa indonesia diterjamahkan sebagai kartu suara adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan perfieral yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.

Fungsi Soundcard

Soundcard memiliki empat fungsi utama, yaitu :

1.   Sebagai Synthesizer, digunakan untuk mensitesis suara terutama dengan menghasilkan efek-efek suara tertentu.

2.   Interface untuk MIDI (Musical Instrument Digital Interface), merupakan spesifikasi yang menjadi standar format musik dalam komputer.

3.   Analog to Digital (ADC), mengubah sinyal analog menjadi digital dan diperlukan selama proses perekaman suara. Misalnya merekam suara dari mikrofon, kemudian diolah  menjadi digital sound.

4.   Digital to Analog (DAC), mengubah sinyal digital menjadi analog dan dipakai pada saat playback.
Cara Kerja Soundcard

Soundcard dapat mengubah suara dalam bentuk sinyal digital kedalam bentuk sinyal analog yang dikeluarkan oleh speaker. Sinyal digital tersebut sebelummnya telah disimpan dalam memori komputer dalam bentuk format waveform (.wav atau .mp3). Format data digital ini diproses oleh DSP (Digital Signal Processing) bekerja dengna DAC (Digital Analog Converter) mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Selain menghasilkan suara, sound card juga dapat berfungsi sebagai perekam dan pengolah suara. Suara yang masuk lewat membran mikrofon masih berbentuk sinyal-sinyal analog. Sinyal analog tersebut diolah oleh DSP, dalam mode ADC (Analog Digital Converter) Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang kontinyu. Sinyal digital ini disimpan dalam format waveform table atau biasa disebut Wav (wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...