Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Sistem Operasi Komputer

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi adalah sebuah penghubung antara pengguna dan perangkat keras komputer. Sebelum adanya sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulannya masing-masing.

Secara umum pengertian sistem operasi adalah pengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) kepada pengguna, sehingga memudahkan dan memberikan kenyamanan serta pemanfaatan sumberdaya pada sistem komputer.

Bagian Sistem Operasi Komputer

Secara umum sistem opearsi dibagi menjadi 5 bagian yaitu :

1.   Mekanisme Boot
Yaitu meletakan kernel ke dalam memrory kernel; kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah sistem operasi komputer.

2.   Command Interpreter atau Shell
Bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lainnya. Contoh dari Shell adalah : Command prompt pada Windows Xp (DOS pada Windows 98), Xterm dan Konsole di Mesin Linux(Unix).

3.   Resource Allocator.
Sistem operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.

4.   Handler
Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan(error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

5.   Driver
Untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Secara umum fungsi sistem operasi adalah sebagai penghubung antara hardware dan software. Selain itu, sistem operasi komputer juga melakukan semua perintah-perintah penting didalam komputer, serta menjamin program-program yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa adanya suatu hambatan.

Sistem operasi komputer menjamin aplikasi lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh Sistem Operasi Komputer

Secara umum sistem operasi komputer utama yang digunakan (termasuk PC, laptop, netbook) terbagi menjadi 3 kelompok besar yaitu :

1.   Keluarga Microsoft Windows atau yang biasa dikenal sebagai sistem operasi windows. Berikut adalah beberapa contoh dari Microsoft Windows menurut perkembangannya :
  • Windows Desktop Environtment (versi 1.x hingga versi 3.x)
  • Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME)
  • Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.x)
  • Windows 2000
  • Windows XP
  • Windows Server (Windows Server 2003, Windows Server 2008)
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 8.1
  • Windows 10

2.   Keluarga Unix atau yang lebih dikenal dengan sistem operasi linux saat ini menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Barkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.), MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3.   Keluarga Mac OS atau yang lebih dikenal dengan Macintosh Operating System adalah sistem operasi untuk komputer keluaran perusahaan Apple. Versi terakhir dari sistem operasi ini ialah Mac OS X Versi 10.12 (Sierra).

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...