Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Fungsi, Dan Jenis-Jenis RAM

Pengertian RAM


RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Memori Akses Acak. Pengertian RAM dapat ditinjau dari beberapa segi. Jika dilihat dari segi input area, RAM dapat diartikan sebagai media untuk menyimpan data input yang akan diolah. Kemudian, jika ditinjau dari segi program area, RAM dapat didefinisikan sebagai media untuk menyimpan program yang akan dipakai untuk memproses data. Ditinjau dari segi working area, RAM bisa berarti sebagai media untuk menyimpan proses pengolahan data yang hendak dikerjakan. Dan, jika ditinjau dari segi output area, RAM adalah media untuk menyimpan semua hasil pengolahan data. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian RAM adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari suatu program komputer.

Fungsi RAM

Fungsi RAM ialah untuk mempercepat pemrosesan data dalam komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki oleh sebuah komputer, maka akan semakin cepat pula kinerja komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, hal itu dikarenakan RAM menyediakan ruang penyimpanna sementara bagi komputer. Dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses

Jenis-Jenis RAM

Jenis-jenis RAM dapat dibedakan ke dalam dua kelompok besar, yaitu RAM berbasis chip dan RAM berbasis card. Berikut ini adalah semua RAM dari jenis-jenis tersebut :

1.   RAM Berbasis Chip :

  • SRAM (Static RAM)
Jenis RAM statis yang sifatnya semivolatile. Dipakai untuk membantu komputer dalam kecepatan proses dan tidak memerlukan operasi daya refresh.

  • DRAM (Dynamic RAM)
Jenis RAM dinamik yang sifatnya volatile. Dipakai untuk membantu kecepatan proses komputer dan memerlukan arus daya listrik secara kontinyu dalam operasinya sehingga diperlukan refresh. Proses pembuatannya menggunakan teknologi DMOS (Double Diffuse MOS)

  • NVRAM (Non-Volatile RAM)
Jenis SRAM yang memiliki catu daya listrik sendiri, yaitu dari sebuah baterai mini sehingga dapat menyimpan daya, walaupun komputer dimatikan. NVRAM juga memiliki fungsi untuk menyimpan waktu, kalender, program setup, dan konfigurasi komputer.

  • FRAM (Ferro Electric RAM)
Jenis SRAM yang tidak memerlukan catu daya listrik atau beterai mini karena sudah menggunakan daya medan magnet.


2.   RAM Berbasis Card :

  • EDO RAM (Extended Data Output RAM)
Jenis RAM untuk prosesor pentium edisi pertama. Mempunyai kapasitas memori 8 Mb sampai dengan maximum 16 Mb, dengan standar PC 66/1 00. Menggunakan kemasan SIMM (Single In-Line Memory Module) dengan jumlah penyemat memory 72 pin.

  • SD RAM (Synchronous Dynamic RAM)
Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 1, 2, dan 3. Kecepatan bus memori ini berkisar pada frekuensi 66 Mhz sampai 133 Mhz, atau disebut memori PC 66/PC 100/PC 133. Menggunakan kemasan DIMM (Dual In-Line Memory Module), jumlah penyemat memori 168 pin.

  • DDR RAM (Double Data Rate RAM)
Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 4. Memory DDR RAM (DDR 400) memiliki banyak tipe dan umumnya dikelompokkan dan dirancang berdasarkan bandwidth ketika beroperasi. Selain itu, dipengaruhi oleh besarnya clock yang diberikan oleh memori itu nantinya. Ada beberapa tipe yang digunakan, yaitu PC 1600/2100/2700/3200 dengan tawaran clock 400 Mhz. Menggunakan kemasan DIMM, dengan jumlah penyemat memori 184 Pin.

  • DDR dual channel RAM
Jenis memori ini tidak seperti pemasangan SDRAM atau DDR biasa. DDR dual channel adalah teknologi yang sama dengan memori RD RAM (Rambus Dynamic RAM), yang memerlukan sistem dual channel, yaitu keharusan untuk memasang dua keeping modul memori dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard. Disamping itu, khusus untuk penggunaan memori RDRAM harus ada penambahan dua pasang memori terminator untuk mendukung memori standar PC 2700/3200/4000, dengan tawaran clock antara 500 sampai 800 Mhz.
Twister DDR dual channel RAM
Memori tipe TwinX/Twinmatch/Twister atau kode CMX yang menandakan bahwa memori ini bisa digunakan pada dual channel mainboard

  • SODIMM RAM
Memori yang biasa digunakan untuk kelas server maupun notebook.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...