Thursday, October 6, 2016

Pengertian, Sejarah, dan Versi Android

Pengertian Android

Android merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux yang dirancang khusus untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet. Android juga bersifat platform terbuka, artinya para pengembang bebas untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri yang nantinya dapat dioperasikan dalam smartphone atau perangkat elektronik yang berbasis android.

Sebuah smarthpone berbasis android biasanya datang dengan beberapa aplikasi bawaan dan juga mendukung program pihak ketiga. Pengembang dapat membuat program untuk android dengan menggunakan SDK android gratis (Software Developer Kit). Program android ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan dijalankan melalui Google “Davlik” virtual machine, yang dioptimalkan untuk perangkat mobile. Pengguna dapat mengunduh aplikasi android dari aplikasi yang bernama Play Store.

Sejarah Android

Pada bulan Oktober tahun 2003, Android, Inc didirikan di Palo Alto, California oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White untuk mengembangkan smartphone yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunaannya. Tujuan awal pengembangan android adalah untuk mengembangkan sistem operasi yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, lalu kemudian pengembangan android dialihkan bagi pasar telepon pintar atau smartphone untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile, sedangkan iPhone Apple belum dirilis pada saat itu.

Meskipun para pengembang android adalah para pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dioperasikan secara diam-diam, dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang sedang menciptakan sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan bagi perangkat telepon seluler. Pada tahun yang sama, Andy Rubin mengalami kehabisan uang. Steve Perlman, seorang teman dekat Rubin, meminjamkan uangnya dengan nominal sebesar $10.000 secara tunai dan menolak tawaran saham di perusahaan. Pada tanggal 17 Agustus 2005 Google mengakuisisi Android Inc. dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google Inc. Pendiri Android Inc. Rubin, Miner, dan White tetap bekerja di perusahaan Android Inc. setelah diakuisisi oleh Google. Setelah itu tidak banyak yang diketahui tentang perkembangan Android Inc. namun banyak anggapan yang mengatakan bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon selular dengan tindakannya ini.

Dalam Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform perangkat selular dengna menggunakan kernel Linux. Google memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat selular dan opeator nirkabel, dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbarui. Google telah memilih beberapa mitra perusahan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerja sama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi. Spekulasi tentang niat Google untuk memasuki pasar komunikasi seluler terus berkembang hingga bulan Desember 2006. Portal berita BBC dan Wall Street Journal melaporkan bahwa Google sedang bekerja keras untuk menyertakan aplikasi dan mesin pencarinya di perangkat selular. Berbagai media cetak dan media online mengabarkan bahwa Google sedang mengembangkan perangkat seluler dengan merek Google. Beberapa diantaranya berspekulasi bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknisnya, termasuk produsen telepon seluler dan operator jaringan. Pada bulan Desember 2007, Information Week melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberap aplikasi paten di bidang telepon seluler.

Pada tanggal 5 November 2007, Open Handset Alliance (OHA) didirikan. OHA merupakan konsorium dari perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google, produsen perangkat seluler seperti HTC, SONY dan SAMSUNG, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile, serta produsen chipset seperti Qualcomm dan Texas Instruments. OHA sendiri bertujuan untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler. Saat itu, android diresmikan sebagai produk pertamanya; sebuah platform perangkat seluler yang menggunakan kernel Linux versi 2.6. Smartphone komersial peertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2008.

Pada tahun 2010, Google merilis seri Nexus; perangkat smartphone dan tablet dengan sistem operasi android yang diproduksi oleh mitra produsen telepon seluler seperti HTC, LG, dan Samsung. HTC bekerja sama dengna google dalam merilis produk smartphone Nexus pertama, yakni Nexus One. Seri ini telah diperbarui dengan perangkat yang lebih baru , misalnya smartphone Nexus 4 dan tablet Nexus 10 yang diproduksi oleh LG dan SAMSUNG. Pada tanggal 15 Oktober 2014, Google mengumumkan Nexus 6 dan Nexus 9 yang diproduksi oleh Motorola dan HTC. Pada tanggal 13 Maret 2013, Larry Page mengumumkan dalam postingan blognya bahwa Andy Rubin telah pindah dari divisi Android untuk mengerjakan proyek-proyek baru di Google. Ia digantikan oleh Sundar Pichai, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome, yang mengembangkan Chrome OS.

Sejak tahun 2008, Android secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaharuan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Setiap versi utama yang dirilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut atau cemilan gula; misalnya versi 1.5 bernama Cupcake, yang kemudian diikuti versi 1.6 Donut. Versi terbaru adalah 6.0 Marshmallow, yang dirilis pada tanggal 19 Agustus 2015.

Versi Android

Pada tabel dibawah ini akan dijelaskan Versi dari android mulai dari peluncurannya hingga pada saat ini :


Versi
Nama
Tanggal Rilis
Level API
1.5
Cupcake
30 April 2009
3
1.6
Donut
15 September 2009
4
2.0 – 2.1
Eclair
26 Oktober 2009
7
2.2
Froyo
20 Mei 2010
8
2.3 – 2.3.2
Gingerbread
6 Desember 2010
9
2.3.3 – 2.3.7
Gingerbread
9 Februari 2011
10
3.1
Honeycomb
10 Mei 2011
12
3.2
Honeycomb
15 Juli 2011
13
4.0.3 – 4.0.4
Ice Cream Sandwich
16 Desember 2011
15
4.1.x
Jelly Bean
09 Juli 2012
16
4.2.x
Jelly Bean
13 November 2012
17
4.3.x
Jelly Bean
24 Juli 2013
18
4.4.x
Kitkat
31 Oktober 2013
19
5.x
Lollipop
15 Oktober 2014
21
6.0
Marshmallow
19 Agustus 2015
23









No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...