Wednesday, November 28, 2018

Mungkin Inilah Sebabnya Kenapa Orang Suka Bernostalgia

Diakui atau tidak, beberapa orang seringkali terobsesi dengan nostalgia. Bentuknya pun bisa macam-macam. Ada orang yang senang bernostalgia dengan game-game konsol lawas di smartphone Android mereka; ada yang senang berburu vinyl dan pemutarnya, karena pengalaman mendengarkan musik lewat media itu dianggap lebih otentik; lalu ada juga yang lebih senang menonton film-film lawas. 

Apakah kamu adalah orang yang juga senang bernostalgia? Kalau ya, ada penjelasan saintifik di balik itu. Artinya ada lima alasan saintifik yang menjawab kenapa seseorang tidak pernah merasa cukup bernostalgia, dan sering mengulang memori demi memori masa lalu. 
















 




 

Lalu gimana kalau ternyata seseorang mengalami pengalaman buruk, dan saking buruknya dia nggak mau mengingatnya? Orang seperti itu biasanya mengalami trauma. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Ambil satu contoh pengungsi yang terpaksa keluar dari tanah kelahirannya. Orang-orang seperti itu biasanya mengalami depresi karena mereka kehilangan segalanya.  

Tapi apakah orang macam itu nggak boleh bernostalgia? Tentu saja boleh. 

Ketika nostalgia digunakan dengan cara yang sehat, seseorang bisa menggunakannya sebagai senjata untuk mengevaluasi diri. Artinya dia bisa mencari tahu bagaimana caranya berhadapan dengan situasi baru, untuk kemudian melangkah maju menghadapi masa depannya.  

Tapi ada kalanya nostalgia jadi sesuatu yang memancing kesedihan, apalagi kalau berhubungan dengan orang tertentu. Walau pada dasarnya nostalgia bisa membuat kita merasa aman dan dicintai, terkadang seseorang bisa merasa down, apalagi kalau, misalnya, mengingat mantan. Jadi, akan lebih baik rasanya bagi seseorang untuk tidak menghabiskan waktu mengingat mantan, karena itu malah akan membuatnya susah membayangkan masa depan dan memulai hubungan baru.  

Nostalgia itu sehat kok, selama tidak membuat orang terjebak di masa lalu.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...