Thursday, November 22, 2018

Mengembalikan setting TCP/IP Windows ke keadaan semula

Anda mengalami masalah koneksi internet di Windows? Setidaknya anda yakin masalahnya bukan dari modem, WiFi, Network card dan faktor eksternal lainnya. Kalau anda sudah mengutak – atik setting TCP/IP Windows sampai lemas dan tidak ada perbaikan juga bisa jadi masalahnya ada kesalahan setting dan lebih baik dimulai dari awal saja.

Saya biasa memulihkan TCP/IP ke kondisi awal kalau sudah frustasi berusaha membetulkannya, ini untuk memastikan saja tidak ada opsi yang aktif mengganggu lancarnya koneksi jaringan.
windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled
Untuk mereset setting TCP/IP di Windows caranya mudah kok. Silahkan panggil command prompt dengan hak administrator, kemudian ketikkan perintah netsh int ip reset dan tekan ENTER.
command-prompt-netsh-int-ip-reset
Selesai! Maka konfigurasi jaringan TCP/IP akan menjadi kosong seperti belum pernah diisi.
Takut menggunakan command prompt? Kalau begitu anda bisa memakai Fixit, perhatikan untuk versi Windows apa sebelum dijalankan:
  • Windows 8.1, Windows 8, Windows RT, Windows 7, Windows Server 2012R2, Windows Server 2012, atau Windows Server 2008R2Microsoft Fix it 20140
  • Windows Vista, Windows XP, Windows Server 2008, atau Windows Server 2003Microsoft Fix it 50199
Cukup jalankan program kecil diatas maka secara otomatis setting TCP/IP dikembalikan ke semula.
Kadang cara sederhana ini malah berhasil mengatasi masalah No Internet Access atau No Network Access di Windows.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...