Tuesday, September 25, 2018

Nasib Manusia Ditentukan Oleh Cara Berpikir

Nasib Manusia Ditentukan Oleh Cara Berpikir

Pikiran adalah gagasan dan proses mental. Berpikir memungkinan sesorang untuk merepresentasikan dunia sebgagai model dan memberikan perlakuan terhadapnya secara efektif sesuai dengan tujuan (wikipedia).  langsung saja kita ke TKP GanSis

Berbicara mengenai pikiran dan pemikiran, maka kita akan berbicara bagaimana pandangan dan gagasan kita terhadap dunia. Pemikiran kita akan membentuk dunia kita, sehingga wajar jika pemikiran sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan seseorang, melalui pikiranlah kita merefleksikan dunia dan cara pandang kita kepdanya.


Pemikiran akan sangat berpengaruh pada tindakan kita, so apabila pikiran kita diarahkan ke arah yang tepat dan positif bukan tak mungkin efek positif pun akan berdampak pada kehidupan kita. Ane berkeyakinan, bahwa kesuksesan seseorang ditentukan oleh cara pikirnya sendiri, bagaiman tidak jika setiap saat pemikiran kita selalu diarahkan kepada tujuan untuk melakukan sesuatu yang akan menuntun pada kesuksesan. Cepat atau lambat pemikiran-pemikiran itu akan memaksa kita untuk bergerak. Pada dasarnya setiap kita bertindak berdasarkan apa yang kita pikirkan.


Jika kita ingin merubah dunia kita, maka yang terlebih dahulu dirubah adalah perspektif atau cara pandang kita terhadap dunia, terkadang kita berpikir bahwa hidup ini seakan tak adil, seakan kesialan hanya menimpa kita seorang, padahal jika kita mau berpikir semua itu terjadi berawal dari mana? bukan dari orang lain atau kondisi saja yang membuat kita ditimpa sial, namun dari cara pikir kita yang salah barangkali. Bekerja keras saja tak cukup, tapi berpikir dengan keras dan tepat akan lebih baik untuk menentukan hasil yang baik pula.


 Orang Sukses
Nasib Manusia Ditentukan Oleh Cara Berpikir

Suksesnya sesorang tak ditentukan oleh orang lain, namun ditentukan oleh orang itu sendiri bagaiman ia mengatur setingan yang ada dikepalanya. Kalau cuma bekerja keras, terlalu banyak orang didunia ini yang bekerja lebih keras dibandingkan Bill Gates, namun kenapa Bill Gatesdapat mencapai puncak kesuksesan dengan berpenghasilan kurang lebih Rp. 2.500.000 perdetiknya? 

Anak Muda Hebat
Nasib Manusia Ditentukan Oleh Cara Berpikir

Berapa banyak orang yang hari ini sukses besar seperti Mark Zuckerberg? Apakah tidak ada orang lain yang bekerja lebih keras dari mereka? Tentunya banyak yang bekerja lebih keras dari mereka, namun kesuksesan masih hanya sebatas angan dan harapan yang masih mengambang. Bahkan terlalu banyak orang yang bekerja lebih keras dibanding mereka yang saat ini meraih sukses gemilang.

Berpikirlah, bahwa pasti ada yang salah jika dibandingkan secara rasional antara kita dan mereka yang sukses. Apakah kita kurang berusaha? Apakah kita kurang belajar dan latihan? Mereka sukses bukan saja karena faktor kondisi, namun pemikiran mereka yang mengkondisikan mereka harus bergerak dengan tepat. Mengubah mindsetkita sama dengan mengubah takdir hidup kita. Tuhan itu Maha Adil, Dia telah memberi mereka yang sukses dua bola mata, kaki, tangan, otak dll. Sama seperti kita, bahkan ada sebagian dari kita yang sukses besar, namun secara fisik mereka mengalami kekurangan, akan tetapi pemikiran mereka lebih besar dari kekurangan yang mereka miliki, maka dengan sendirinya mereka mengalahkan keterbatasan.

Nasib Manusia Ditentukan Oleh Cara Berpikir

Untuk apa sekolah-sekolah dan kampus-kampus dibangun, kalau bukan untuk mengubah cara kita berpikir. Jika kita mau sedikit saja berpikir saat ini berapa banyak orang lumpuh dan hanya duduk dikursi roda, tapi bisa sukses secara materi maupun non materi? Jika mereka yang dipenuhi keterbataan bisa sukses, lantas apa masalah kita sehingga tak bisa seperti atau lebih dari mereka? Sekali lagi mikir dan mikir.

Kita memang wajib bekerja keras untuk menggapai mimpi dan menikmati indahnya kesuksesan, namun jangan lupa semua itu bisa dicapai apabila mindsetkita diarahkan ke channel yang memang tepat. Tuhan yang Maha Sempurna memberi kita nikmat begitu besar berupa kemampuan berpikir diatas makhluk lainnya. Bahkan kemampuan otak kita hanya mampu dieksplor rata-rata 20% dari 100% yang tersedia
Nasib Manusia Ditentukan Oleh Cara Berpikir

Saat ini pesawat dapat terbang kesana-kemari, manusia bisa mencapai bulan, apakah semua itu bukan berawal dari perencanaan matang yang dasarnya dari pemikiran-pemikiran brilian? Sukses dan tidaknya hanya kita sendirilah yang dapat menentukan, dengan apa kita menentukan? Apakah hanya dengan hanya bekerja tanpa mengenal waktu? Tentunya tidak seperti itu.

Jika mindsetkita selalu diarahkan ke posisi yang tidak produktif dan negatif, maka hasilnya pun seperti itu, apabila pemikiran negatif yang kita tanam, maka yang kita tuai pun hasilnya kemungkinan besar akan negatif. Sebagian besar dari kita berkeinginan untuk sukses, namun cara pikirnya tak diubah ke arah yang lebih baik. Kita perlu rubah pola pikir dari pola pikir yang dulunya gagal ke pola pikir yang lebih sukses.

Nasib Manusia Ditentukan Oleh Cara Berpikir

Coba bayangkan kalau mulai dari saat ini pola pikir kita diubah untuk berpikir hal-hal yang membantu kita untuk menuju sukses, secara otomatis gagasan-gagasan itu akan menggerakan tubuh kita untuk berusaha mencapai tujuan. Coba lihat saja berapa banyak tulisan para kaskuser yang lalu lalang tiap harinya apakah hanya berdasarkan kerja tanpa berpikir?. Ane belum pernah dengar ada orang yang setiap hari berpikri tentang kebaikan, namun tingkah lakunya makin hari, makin buruk pula.

Untuk dapat berpikir dengan baik sehingga mindset kita dapat disetingkearah yang lebih baik tentunya dengan banyak belajar kepada orang yang lebih baik dibandingkan kita atau dengan cara membaca buku-buku terbaik yang membahas terkait cara berpikir yang produktif.

orang bisa melakukan sesuatu, karena terbiasa, dari kebiasaan-kebiasaan itu akan membentuk budaya dan budaya yang telah mendarah daging, maka tak dapat dipisahkan, siapakah yang dapat memisahkan darah dan dagingnya? Kecuali jika dia ingin mati. Mulailah dengan kebiasaan untuk berpikir dan bertindak secara positif, sehingga kebiasaan itu akan membudaya dalam diri yang nantinya akan membawa kita ke jalan yang lebih baik dan pada akhirnya sukses itu mudah diraih.


Tak ada yang dapat membantu kita untuk menjadi lebih baik, hanya kitalah yang dapat merubah diri lebih baik “Tuhan tidak merubah nasib suatu kaum, sampai kaum itu mau merubah nasibnya sendiri”. Tanyakan kepada diri kita masing-masing apakah kita masih mau untuk menjadi lebih baik dari saat ini? Jika kemauan untuk itu masih ada, mulailah dari sekarang. Percaya dan yakin pemikiran kita akan membawa kita ke jalan yang sesuai dengan apa yang sering kita pikirkan. 

Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...