Monday, October 1, 2018

Apakah Media Sosial selalu Buruk?

Apakah Media Sosial selalu Buruk?

Pendahuluan



Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.(ptkomunikasi)

Banyaknya pro kontra yang beredar di dunia maya maupun dunia nyata akan sosial media ini membuat saya berfikir yang mana yang benar diantara pro atau kontra tersebut. Berdasarkan hal itu pula lah saya membuat thread yang sangat sederhana ini untuk mengajak agan serta sista maupun masyarakat untuk sadar akan pengaruh-pengaruh baik maupun buruk dari sosial media ini.

Apakah Media Sosial selalu Buruk?

Dampak Positif Media Sosial


Alat yang Bagus
Media sosial bukan hanya tempat kita untuk berkomunikasi, seperti misalnya twitter yang terdapat akun-akun yang berisi berita dan dapat dengan mudah kita sebar agar kawan kita dapat melihatnya juga. semudah itu bukan untuk berbagi informasi yang menarik maupun berita penting?Mengembangkan Kemampuan Komunikasi
Tanpa disadari ketika kita menggunakan media sosial kita berhubungan dengan banyak orang, melihat vlog, serta dapat melihat kegiatan-kegiatan orang diluar sana. Tanpa disadari pula kita dapat mencontoh perilaku orang(diluar baik atau buruk)Sosialisasi
Selain manfaat yang sudah dijabarkan, media sosial memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain dengan minat yang sama. Meski begitu, pengguna pun tetap terlibat dalam kehidupan masing-masing bahkan ketika kita terpisah ratusan atau ribuan mil. Kita mungkin menemukan diri kita mengomentari sesuatu yang dibagikan dari seseorang yang tidak kita kenal dan mendapatkan percakapan yang baik.Melek Teknologi
Dampak positif lainnya dari sosial media bagi anak remaja/pelajar yakni memberi pengetahuan pelajar tentang teknologi, sehingga pelajar bisa lebih peka dengan kemajuan teknologi. Hal tersebut bisa menjadi dorongan pelajar untuk belajar lebih dalam seputar teknologi.


Mungkin memang masih banyak point-point lainnya gan, tapi saya bisa asumsikan kalo agan bisa memecah lagi point-point diatas sebagai acuan untuk positifnya dalam bersosial media.

Apakah Media Sosial selalu Buruk?

Eits, tunggu dulu gan, jangan seneng dulu, sekarang ane kasih tau negatifnya dari media sosial ini.

Dampak Negatif Sosial Media

  • Stress
  • Orang menggunakan media sosial untuk melampiaskan segalanya mulai dari layanan konsumen hingga politik, namun kelemahannya adalah seringkali unggahan kita menyerupai stres yang tak ada habisnya.

  • Suasana Hati
  • Pada 2014, peneliti di Austria menemukan bahwa mood atau suasana hati para responden mereka lebih rendah setelah menggunakan Facebook selama 20 menit dibandingkan mereka yang hanya berselancar di internet. Studi menunjukkan bahwa orang merasa seperti itu karena mereka melihat hal itu membuang waktu.

  • Kecemasan
  • Para peneliti mengkaji kecemasan yang disebabkan media sosial, ditandai dengan perasaan gelisah dan khawatir, dan susah tidur dan berkonsentrasi. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Computers and Human Behaviour menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan tujuh atau lebih jenis media sosial bisa menderita tiga kali atau lebih gejala kecemasan dibandingkan mereka yang hanya menggunakan 0-2 media sosial.

  • Depresi
  • Sebuah studi serupa yangdilakukan pada 2016 melibatkan 1.700 orang menemukan risiko depresi dan kecemasan mencapai tiga kali lipat di antara orang-orang yang paling banyak menggunakan platform media sosial. Penyebabnya, perkiraan mereka, termasuk perundungan siber, memiliki pandangan terdistorsi mengenai kehidupan orang lain, dan merasa menghabiskan waktu di media sosial merupakan sebuah pemborosan waktu.

  • Kepercayaan Diri
  • Sebuah studi yang dilakukan pada 2016 lalu di Penn State University menunjukkan bahwa melihat swafoto seseorang menurunkan kepercayaan diri, karena para pengguna membandingkan diri mereka dengan foto orang yang tampak paling bahagia. Para peneliti dari Universitas Strathclyde, Universitas Ohio dan Universitas Iowa juga menemukan bahwa perempuan membandingkan dirinya secara negatif terhadap swafoto perempuan lain.

  • Kesepian
  • Para peneliti menyebutkan, menghabiskan waktu lebih banyak di media sosial dapat menggantikan interaksi tatap muka, tapi juga dapat membuat orang merasa terasing.
Apakah Media Sosial selalu Buruk?

disini saya sangat menekankan seberapa buruk media sosial jika kita tidak mempunyai kesiapan mental untuk menjalani jaringan ini. memang hal ini sangat bisa menjadi positif jika kita tetap berada dijalur idealnya.

Intinya gan, bukan hanya sosial saja kan yang memiliki positf dan negatifnya? tetapi didalam hidup ini kita juga dapat memilih mana yang baik mana yang buruk. tujuan saya disini hanya mengingatkan barangkali ada agan dan sista yang sudah terlanjur masuk terlalu dalam lalu melupakan negativenya. Hidup memang pilihan gan, tapi kita harus dewasa, saya yakin agan dan sista disini tau mana yang salah dan benar, tapi itu semua kembali lagi ke pilihan kita, mau jadi orang yang baik untuk sekitar atau tidak.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...