Monday, October 1, 2018

7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris

7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Kenapa sih kita harus menguasai bahasa inggris? 

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, maka dari itu penting sekali kita mengerti dan menguasai bahasa internasional tersebut. Perkembangan kosa kata bahasa inggris sangatlah cepat. Peneliti Harvard University menyatakan setidaknya ada 8500 kosakata baru setiap tahunnya.

Mengapa kita membutuhkan bahasa internasional? Tentu saja bahasa internasional sangat dibutuhkan, karena dengan mengetahui bahasa tersebut kita dapat berinteraksi dengan orang baru dari negara manapun. Penguasaan dalam berbahasa inggris sangat banyak manfaatnya dalam kehidupan sosial dan sama sekali tidak ada kerugian yang ditimbulkan.

Namun, masih banyak orang yang enggan untuk belajar bahasa inggris. Katanya sih bahasa inggris itu susah, makanya malas buat belajar. Nggak susah kok, hanya kita harus benar-benar mau belajar dan mau mencintai proses.

Coba bayangan bayi berumur dua bulan dipaksa untuk berjalan? Atau benih yang ditanam selama dua jam kemudian langsung berbuah? Nggak mungkin bukan?

Jadi, untuk untuk menguasai bahasa inggris dibutuhkan proses. Bukan hanya bahasa inggris, untuk menguasai semua bahasa asing dibutuhkan proses juga. Nggak ada yang instan ya guys, hehehe.

Untuk membantu proses tersebut, saya akan memberikan cara agar kamu dapat menguasai bahasa inggris lebih cepat. Berikut 7 cara sukses agar cepat menguasai bahasa inggris.

1.  Memperbanyak Kosakata
Agar dapat berbahasa inggris, tentunya kita harus mengetahui kosakata terlebih dahulu. Bagaimana kamu mau ngomong, kalau tidak mempunya kosakata? Bahasa tubuh?

Maka dari itu, kamu harus mempelajari kosakata terlebih dahulu. Mulailah dari kata-kata sederhana, seperti aku, kamu, mereka, dia, selamat pagi, selamat siang dan kata-kata lain yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.



2.  Menonton Film dengan Subtitle Bahasa Inggris
Ada kabar gembira untuk kamu yang suka menonton film, karena cara berikutnya adalah dengan menonton film. Eitsss, tapi pakai subtitle bahasa inggris yaa. Biasakan untuk tidak menggunakan subtitle bahasa Indonesia.
7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Tapi jangan menonton saja, kamu harus mencatat apa saja kata-kata yang tidak kamu mengerti. Setelah itu kamu dapat mengartikannya dengan cara search di internet atau dengan mencarinya di kamus bahasa inggris.

Untuk lebih cepat menguasainya, saya sarankan saat menonton film, kamu mengikuti apa dialog dalam film tersebut. Dengan begitu kamu lebih cepat mengingat dan terbiasa dalam menggunakan bahasa inggris. Menyenangkan bukan?



3.  Mendengarkan musik
Cara menyenangkan berikutnya adalah dengan mendengarkan musik. Kamu dapat belajar bahasa inggris dengan mendengarkan lagu-lagu yang menggunakan bahasa inggris. Bagi anda yang suka mendengarkan musik tentu sangat menyenangkan belajar sambil mendengarkan musik.


7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Hal ini akan melatih anda untuk lebih sensitif dalam mendengarkan bahasa inggris. Selain itu kamu juga dapat bernyanyi dan membiasakan diri dalam pengucapan Bahasa Inggris.



4.  Membaca Novel, Koran, Artikel atau Buku lainnya yang Menggunakan Bahasa Inggris
Berikutnya adalah dengan membaca. Kamu dapat membaca apa saja yang menggunakan bahasa inggris seperti novel, artikel, koran, komik dan masih banyak lagi. Tapi jangan membaca hal yang aneh-aneh yaa.

7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris
Jika kamu suka membaca novel, kamu dapat membelinya di toko buku mana saja. Setelah itu bacalah perlahan dan jika ada kosakata yang belum kamu mengerti, kamu dapat menandai nya dengan spidol atau dengan stabilo. Kemudian artikan dan baca kembali novel tersebut sampai kamu mengerti.



5.  Mencoba Menulis Sesuatu Dalam Bahasa Inggris

7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Sama halnya seperti membaca, menulis juga dapat membuat kamu cepat belajar bahasa inggris. Dengan menulis, otak kamu akan merekam satu persatu kata yang kamu tulis. Ini adalah cara yang efektif agar dapat menambah kosakata yang kamu miliki. Selain itu, menulis juga berfungsi untuk meningkatkan kemampuan writing yang kamu miliki.



6.  Jadikan Kebiasaan
“Ala Bisa Karena Biasa”


7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris
Jadikanlah bahasa inggris menjadi suatu kebiasaan. Karena jika kamu sudah biasa menggunakan bahasa inggris, dengan begitu semua akan mengalir begitu saja.



7.  Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris
Cara menyenangkan yang terakhir adalah dengan berkomunikasi dengan orang lain. Kamu dapat berteman dengan orang di sekitarmu yang sudah fasih dalam berbahasa inggris. Selain dengan orang sekitar, kamu juga dapat berkomunikasi dengan orang lain di luar negeri.


7 Cara Sukses Agar Cepat Menguasai Bahasa Inggris
Di zaman sekarang tidak perlu takut tidak bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri. Banyak sekali aplikasi yang telah dibuat untuk berkomunikasi dengan orang luar negeri. Coba lah berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa Inggris. Dan jangan pernah takut salah karena itu adalah salah satu pembelajaran juga.

Selain mendapat ilmu, kita juga mendapat teman baru dalam kehidupan kita. Sangat menyenangkan bukan?

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...