Thursday, February 8, 2018

Review MEmu : Emulator Android dengan Performa Tinggi

ilustrasi tampilan Review Memu emulator

MEmu adalah salah satu aplikasi emulator Android yang sangat menarik untuk di review. Bagaimana tidak, jika kita lihat di situs resminya MEmu mengklaim hasil benchmark lebih unggul dibanding beberapa ponsel flagship ternama. Oleh sebab itu, membuat review Memu emulator akan santat menarik.


Baiklah tanpa basa basi lagi, mari kita mulai ulasan aplikasi MEmu-nya.

Review MEmu

Singkat kata, MEmu itu adalah software yang bisa menjalankan aplikasi maupun games Android melalui komputer atau laptop. Saat ini MEmu menggunakan Android versi 5.1 Lollipop sebagai kernelnya. MEmu di desain khusus untuk para gamer supaya mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan.

Kebutuhan Sistem

Apabila ingin menjalankan aplikasi MEmu, setidaknya Anda harus mempunyai komputer yang sesuai dengan kebutuhan sistem Memu. Berikut adalah informasi mengenai spesifikasi minimum MEmu emulator :
  • Sistem Operasi : WIndows vista/Windows 7/WIndows 8.1/Windows 10
  • Prosesor : Bisa berjalan di prosesor Intel maupun AMD, di sarankan yang sudah sudah mendukung teknologi virtualisasi (Virtualization Technology)
  • GPU : sudah mendukung OpenGL versi 2.0 atau terbaru
  • Memori: minimal 1 GB memori RAM
  • Hardisk : Sedikitnya 2 GB ruang kosong hardisk untuk folder instalasi.
Bila Anda memiliki komputer minimal setara dengan persayaratan di atas, maka Anda layak untuk mencoba aplikasi yang satu ini. Tentunya, jika Anda memiliki PC dengan spesifikasi yang lebih tinggi malah lebih baik.

Fitur Aplikasi MEmu

MEmu memilki segudang fitur yang bisa kita eksplorasi. Secara garis besar MEmu di rancang untuk bermain game Android di komputer atau laptop. Jadi, hampir semua fiturnya mendukung di desain untuk mempermudah para gamer, agar mendapatkan kenyamanan saat bermain. Berikut ini adalah beberapa fitur MEmu :
  • Key Mapping
  • Install APK
  • Multi Instance
  • GPS
  • Shared Folder
  • Google Play Supported.

Tampilan MEmu

Bila di lihat dari tampilan, aplikasi ini terlihat sangat sederhana dan sangat kurang menarik bagi beberapa orang. Meskipun demikian, MEmu cukup mudah untuk di gunakan bahkan oleh pemula sekalipun.
Tampilan user interface peratama kali dari MEmu cukup familiar, karena hampir mirip dengan tampilan tablet Android pada umumnya.
Untuk melakukan konfigurasi aplikasi MEmu ini cukup mudah, cukup gunakan menu yang sudah di sediakan di panel samping kanan dari aplikasi ini.

Performa MEmu

Dari segi performa, MEmu cukup ringan dan berjalan dengan lancar saat di jalankan di komputer kami. Oh iya, spesifikasi komputer yang kami gunakan adalah windows 10 pro dengan prosesor intel core i5. Untuk RAM adalah 4 GB dengan GPU yang sudah mendukung OpenGL 2.0 keatas.
Aplikasi ini juga tidak memakan banyak RAM, saat dalam keadaan normal (idle)tanpa menjalankan apps di task manager windows hanya memakan sekitar 300 MB saja.
Namun, ketika menjalankan app atau game yang cukup berat, MEmu juga mulai menguras memori yakni hingga 700 MB dari memori 1 GB yang di sediakan.
Untuk membuktikan performa MEmu, tim pilihan editor melakukan sedikit uji coba bechmark menggunakan Antutu dan 3DMark: Ice Strom Unlimited. Dan hasilnya memang cukup bagus seperti yang di suguhkan di situs resminya.
Untuk skor Antutu yang di dapatkan saat melakukan testing adalah 79125. Dan itu lebih tinggi jika di banding dengan Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6.

hasil antutu bechmark MEmu
Hasil Antutu MEmu

Untuk menguji kemampuan MEmu dalam merender grafis 3D dan kemampuan pemerosesan CPU. Kami melakukan ujian menggunakan app benchmark buatan Futuremark inc yaitu 3D Mark : Ice Strom Unlimited. 3D mark sendiri cukup bagus sebagai alat benchmark, terutama bagi anda seorang gamer.
Dari hasil uji coba tersebut kami mendapatkan skor 35438. Berikut adalah screenshoot gambar hasil benchmark-nya.

hasil 3DMark bechmark MEmu
Hasil 3DMark MEmu

Detail MEmu

Pada saat artikel ini di buat, MEmu sudah merilis versi 3.62 yaitu MEmu dengan kernel Lollipop. Untuk ukuran file installer-nya sekitar 334 mega bytes. Bila Anda tertarik untuk mencoba aplikasi Emulator MEmu silahkan download melalui situs resminya di sini.

Kesimpulan

Setelah membaca review Memu secara lengkap di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya. Jika memang iya, kami harap artikel ini bisa membantu Anda mengenal lebih dekat MEmu dan cara konfigurasinya agar bisa optimal.

No comments:

Post a Comment

5 komoditas yang Menjadi Trademark Indonesia

  MATA INDONESIA, JAKARTA –  Sebagai negara kepulauan,  Indonesia  memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Di antarnya ada sejumlah komod...